Hari Guru Nasional (HGN) 2017 di LPMP Sulawesi Utara

Admin LPMP Sulawesi UtaraBerita & Kegiatan

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya, sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994, yang dikuatkan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Peringatan Hari Guru Nasional di Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan pada Senin,  27 November 2017 di Lapangan Kantor Lembaga Penjaminan Mutu (LPMP) Sulawesi Utara bertindak selaku inspektur upacara Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,SE. Sejalan dengan semangat  Nawacita, peringatan HGN tahun ini mengambil tema “Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam sambutannya yang dibacakan oleh Gubernur Sulawesi Utara memberi pesan bahwa Guru harus dapat berperan sebagai the significant other bagi peserta didik. Guru harus menjadi sumber keteladanan. Dan semua pihak perlu mendukung guru-guru kita untuk mewujudkan generasi yang cerdas, kompetitif, dan berakhlak mulia. Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan formal memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga.

Selanjutnya, Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan komitmen kuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara dalam bidang  pendidikan termasuk peningkatam kualitas guru di Sulawesi Utara. “Pemerintah daerah akan memberikan gaji bagi Guru Honorer (THL) sesuai UMP dan beasiswa Pendidikan S2 & S3 di Perguruan Tinggi yang berkualitas baik bagi guru berprestasi”.

Komitmen Pemprov dalam peningkatan kualitas guru segera diwujudkan dengan adanya Bimbingan Teknis(Bimtek) Penguatan Kapasitas Guru (PKG) bagi 400 orang guru SMA dan SMK Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan Kimia yang berasal dari 15 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur pada peringatan HGN.

Peringatan HGN ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara Asiano G. Kawatu, SE,MSi, Kepala LPMP Sulawesi Utara Florens S.T.Panugkelan,SE,M.Pd., Bupati Bolaang Mongondow Selatan Hi. Herson Mayulu,SIP, Ketua AGIS Dr. Drs. Arnold Poli, SH, MAP., Ketua BAP Drs. J. Runtuwene, Ketua Dewan Pendidikan Prov. SULUT Dr. Max Ruindungan, Ketua APSI SULUT Hermanus Bauoh M.Si, pejabat struktural dan pegawai LPMP, pejabat struktural dan pegawai Dinas Dikda Provinsi Sulawesi Utara, guru peserta Bimtek PKG, Kepala Sekolah, siswa SD,SMP dan SMA sekitar LPMP serta pemangku kepentingan pendidikan (AB).

#GuruMuliaKarenaKarya
#TeladanGuru